Senin, 14 Mei 2012

Melampaui Inovasi


Berbicara tentang desain bangunan di dunia tentu kita tidak akan pernah kehabisan topic menarik untuk dibahas. Dari desain bangunan klasik hingga yang futuristic semuanya selalu menjadi topic menarik untuk dibahas. Ilmu di dunia desain arsitek pun terus berkembang, banyak orang berlomba – lomba untuk menciptakan sebuah pakem baru untuk mendapatkan pengakuan dari dunia. Namun dalam hal inovasi desain bangunan tidak hanya memperhatikan aspek estetika segi servis dan kenyamanan juga perlu diperhatikan. Aspek itulah yang mengantar Amsetrdam menjadi “Best International Venue Award di Exhibition News Awards” tahunan yang ke 6. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada penyedia lokasi untuk exhibition bertaraf internasional. Dalam event ini Amsterdam bersaing ketat dengan kotakota besar lainnya yang juga masuk dalam nominasi. Amsterdam menang mutlak dalam event ini karena memiliki fasilitas yang menonjol dan pendekatan yang professional, serta memiliki lokasi dan penawaran yang bagus.

Penghargaan yang diraih oleh Amsterdam diatas turut memperpanjang deretan penghargaan yang diraih Belanda di bidang arsitek. Selain itu pengakuan internasional pada keahlian arstiek arsitek di belanda juga didapat oleh Rem Koolhaas yang  memenangkan lifetime achievement for the 12th International Architecture Exhibition Venice, Giardini and Arsenale, 29 Agustus – 21 November, 2010 karena karya – karyanya yang jauh melebihi dari pemikira arsitek lainnya dan membawa pengaruh yang cukup signifikan.

Tak pelak jika inovasi desain arsitek di Belanda selalu dinanti – nanti arsitek di belahan dunia lainnya, inovasi yang break the rule dan menciptakan pakem baru di dunia aristek. Keberanian untuk berinovasi inilah yang patut dijadikan contoh para arsitek dibelahan lain, sehingga perkembangan ilmu arsitek tidak akan pernah berhenti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar